Minggu, 11 Maret 2012

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER.

(Beberapa Manfaat Jaringan Komputer)Peralatan komputer seperti misalnya CPU, hard-disk, magnetic-tape, printer, power suplay ataupun yang lainnya, dapat dipakai secara bersama-sama oleh sekian banyak pemakai. Tentunya dengan cara seperti ini, pemakai bisa lebih banyak menghemat biaya dibanding dengan cara sebelumnya, yaitu sebelum konsep jaringan diketemukan.
Dengan adanya system ini, menyebabkan semua PC yang tadinya bekerja sendiri dapat saling bekerja sama dalam batas-batas tertentu, bahkan juga dengan system komputer yang lebih besar
Kerja sama juga dapat dilakukan dapat semakin berkembang dengan adanya pertukaran data sampai saling memakai peralatan dihubungkan dengan salah satu system komputer (resources sharing atau juga disebut hardware sharing).
Pada saat ini banyak dijumpai merk-merk komputer dengan pelbagai system operasi yang dimiliki. Dengan adanya system jaringan ini memungkinkan semuanya untuk disatukan menjadi satu jaringan yang terpadu.
Berbagai system dan merk yang berbeda dapat saling dihubungkan pada suatu jaringan dan bila merk tersebut menggunakan protocol yang sama, maka tidak hanya berhubungan secara pisik, tetapi juga dapat saling berkomunikasi dan bekerja sama.
Sebuah terminal misalnya, dapat berhubungan dengan pelbagai macam system sehingga tidak perlu setiap system memiliki terminal sendiri. Demikian pula halnya dengan printer yang dapat digunakan secara bersama oleh dua atau lebih system.
Dengan adanya konsep jaringan yang menghubungkan system satu dengan system lainnya, maka memungkinkan pengiriman file dari system yang satu ke-sistem yang lain. Hal ini bahkan mungkin dilakukan antar system yang berbeda merknya.
Dengan adanya konsep jaringan, maka data dan program yang terletak dilokasi berjauhan, kini dapat digunakan secara bersama oleh beberapa pemakai komputer tanpa harus memindahkan kekomputer-komputer mereka terlebih dahulu. Proses ini dinamakan proses distribusi. Suatu file data yang dapat dipakai secara bersama juga disebut sebagai share-data.
Disamping itu, fixed disk yang ada juga dapat dipakai secara bersama sehingga suatu PC yang terhubung secara jaringan tidak selalu perlu memiliki suatu fixed disk drive tersendiri. Bahkan tidak hanya disk secara keseluruhan
Dengan adanya data dan program yang tersimpan secara bersama, maka kebutuhan akan kertas kerja yang digunakan untuk menyimpan pelbagai macam dokumen, akan menurun secara drastis.
Dokumen-dokumen yang ada pada akhirnya akan tersimpan didalam suatu file database yang dapat digunakan secara bersama oleh beberapa pemakai komputer.
Dengan adanya konsep yang saling terhubung ini, maka waktu dan jarak kini sudah bukan menjadi masalah. Informasi yang sedemikian berharganya, dapat segera diperoleh dalam waktu yang sangat singkat, dan komputer dari tempat yang saling berjauhan-pun dapat saling bertukar informasi.
Informasi yang ada dapat setiap saat disebar luaskan melalui terminal-terminal yang ada dipelbagai tempat. Disamping itu, penerima informasi juga dapat menjawab ataupun memberikan tanggapannya secara langsung melalui terminal yang ada dihadapannya. Dengan demikian, distribusi dan aksebilitasnya dapat meningkat.
Jaringan komputer juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja bagi para pemakai komputer, serta kualitas produk yang dihasilkan. Dengan kemudahan meng-access data dari pelbagai tempat, pemakai komputer dapat memiliki waktu luang yang lebih banyak dan waktu ini dapat digunakan untuk rekreasi, penelitian dan lain sebagainya. Semua ini dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas.


Berkecimpung di dunia IT tidak dipisahkan dengan pengetahuan tentang akan dunia jaringan. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial tentang manfaat dan pengertian jaringan komputer.
Jaringan Komputer adalah kumpulan sejumlah peripheral yang terdiri dari beberapa komputer,printer,LAN Card, dan peralatan lain yang saling terintegrasi satu sama lain.Dengan demikian,kita dapat melakukan aktivitas seperti tukar-menukar data atau informasi dengan mudah dan dalam waktu singkat dan cepat.
Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh apabila computer kita terhubung dengan jaringan.Di antaranya adalah :
1. Dapat saling berbagi pemakaian file data (sharing data) dengan computer rekan .
2. Tukar-menukar data antara komputer dapat kita lakukan dengan cepat
3. Memungkinkan kita untuk memakai satu printer yang terhubung dengan jaringan secara bersama-sama dalam area jaringan .
4. Lebih   menghemat biaya
5. Efisiensi kerja menjadi meningkat
6. File – file data dapat lebih mudah dipelihara dan diproteksi
7. Kinerja sistem dapat kita tingkatkan sesuai dengan beban pemakaian komputer di jaringan,Kita hanya cukup menambah kemampuan processor jika membutuhkan peningkatan kinerja
Inilah ulasan saya tentang manfaat dan pengertian Jaringan Komputer. Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Manfaat Jaringan Komputer bagi manusia dapat dikelompokkan pada jaringan untuk perusahaan, jaringan umum, dan masalah sosial jaringan


Jaringan untuk perusahaan/organisasi


Dalam membangun jaringan komputer di perusahaan organisasi, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dalam hal-hal resource sharing, reabilitas tinggi,lebih ekonomis, skabilitas, dan media komunikasi.
Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. Jadi resource sharing adalah suatu usaha untuk menghilangkan kendala jarak.
Reliabilitas tinggi yaitu adanya sumber-sumber alternatif pengganti jika terjadi masalah pada salah satu perangkat dalam jaringan, artinya karena perangkat yang digunakan lebih dari satu jika salah satu perangkat mengalami masalah, maka perangkat yang lain dapat menggantikannya.
Skabilitas adalah kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambahkan sejumlah prosesor.
Sebuah jaringan komputer mampu bertindak sebagai media komunikasi yang baik bagi para pegawai yang terpisah jauh.
Jaringan Untuk Umum
Manfaat jaringan komputer untuk umum yaitu memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang menjadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan yaitu:
Acces ke informasi yang berada ditempat jauh, contohnya e-commerce (electronic commerce).
Komunikasi orang ke orang, contohnya e-mail (electronic mail)
Hiburan Interaktif, contohnya browsing, chatting dll.


Masalah Sosial Jaringan
Penggunaan jaringan oleh masyarakat luas akan menyebabkan masalah-masalah sosial, etika, dan politik. Masyarakat, semua orang dapat menggunakan internet tanpa memandang status sosial, usia, jenis kelamin. Penggunaan internet tidak akan menimbulkan masalah selama subyeknya terbatas pada topik-topik teknis, pendidikan dan norma-norma kehidupan. Namun kesulitan muncul bila suatu situs yang menarik perhatian orang seperti politik,agama,sex. Internet dapat digunakan untuk hal yang positif jika pemakai membunyai bekal etika yang kuat, sebaliknya jika disalah gunakan maka akan menimbulkan banyak masalah seperti pengaruh pornografi, memasang iklan-iklan palsu yang merugikan user yang masuk di situs tersebut.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER 

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer,
antara lain seperti di bawah ini ;

1. Membagi sumber daya.
Jaringan komputer dapat dimanfatkan sebagai sarana untuk membagi sumberdaya yang ada. 
Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer sepertiprinter maupun sumber daya 
yang lain berupa data-data.Dengan adanya jaringankomputer maka sumber daya yang harus 
disediakan dapat dikurangi.

2. Reliabilitas tinggi.
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengcopykan data-data ke duaatau lebih komputer. 
Dengan demikian, apabila salah satu komputer rusak dandata-data yang tersimpan di dalamnya hilang, 
kita masih dapat menggunakan datayang masih tersimpan pada komputer lain.

3. Menghemat uang.
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yangharus digunakan. 
Misalnya dengan adanya jaringan komputer, maka printer dapatdipakai oleh beberapa pengguna
 komputer sehingga kantor ataupun perusahaantidak perlu membeli printer untuk setiap karyawannya.
Dengan demikian,jaringankomputer yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

4. Sebagai sarana komunikasi.
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi.Untuk memberikan
 pengumuman rapat misalnya, 
pimpinan perusahaan tidak perlumengirimkan surat kepada semua staf-stafnya. Cukup dengan
 mengirimkanundangan melalui 
jaringan komputer yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar