Minggu, 11 Maret 2012

Kategori Jaringan

Kategori Jaringan :

Jaringan dapat dikategorikan menjadi beberapa. Yang paling umum, jaringan dibagi
menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

Jaringan lokal (LAN) 
Jaringan lokal lebih dikenal dengan Local Area Network (LAN). Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer (workstation) dalam suatu perusahaan yang menggunakan peralatan bersama dan saling bertukar informasi. Jaringan ini dibagi menjadi dua, yakni Broadband LAN dan Baseband LAN. Untuk Broadband LAN, satu kabel dapat digunakan untuk lebih dari satu saluran. Sedangkan untuk Baseband LAN, satu kabel digunakan hanya untuk satu buah saluran untuk menunjang transmisi digital yang lebih cepat.

Metropolitan Area Network (MAN) 
MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antarkantor dalam suatu kota. Jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10 – 50 km.

Wide Area Network (WAN) 
Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. Pada sebagian besar WAN, komponen yang digunakan dalam komunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Penjelasan lebih lanjut akan dibahas pada bagian selanjutnya di modul ini.

Personel Area Network (PAN) 
Berdasarkan hubungan fungsionalnya, jaringan dibagi menjadi dua jenis sebagai berikut:
·         Client-server
·         Peer to peer (workgroup)



1.  Resource sharing : Manfaat jaringan komputer sebagai sumber berbagi data, informasi dan peripheral. Bukan hanya itu sharing internet juga bisa dilakukan.

2.  Saving Money : dengan Manfaat jaringan komputer, penghematan biaya atau cost untuk pembelian hardware bisa ditekan karena peralatan feripheral bisa dipakai bersama.

3. High reliability (kehandalan tinggi): Manfaat jaringan komputer  dari segi kehandalan, Sistem Informasi Manajemen dan kemanan data terpadu dapat diterapkan karena setiap komputer client bisa dikendalikan dari satu tempat  melalui aplikasi Remote Acces client.

Manfaat Jaringan Komputer Untuk Kebutuhan Rumah/Umum
Manfaat  jaringan komputer (baik kabel ataupun  wireless) di rumah:

1. Manfaat jaringan komputer dengan berbagi file – file antara komputer dalam  jaringan, memberikan flexibilitas lebih daripada penggunaann floppy drive atau Zip drive. Tidak hanya itu manfaat jaringan komputer, dapat berbagi file musik, foto, dan dokumen,  jaringan rumah  dapat jug untuk menyimpan salinan dari semua data penting pada komputer yang berbeda. Backup adalah salah satu tugas yang paling penting namun sering diabaikan di jaringan rumah.

2.   Dapat dengan berbagi printer / peripheral, dengan pengaturan sharing, printer maupun peripheral lain seperti scanner, DVDR dapat digunakan secara bersama-sama.

3. Berbagi sambungan Internet – menggunakan jaringan rumah, beberapa anggota keluarga dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa harus membayar ISP untuk beberapa account. meskipun koneksi internet sedikit melemah karena keterbatasan bandwith yang harus dipakai bersama

4. Multi-player game – banyak permainan populer mendukung modus LAN, sehingga bisa digunakan bermain bersama temen2 atau keluarga.

5.  Layanan telepon Internet – layanan ini disebut Voice over IP (VoIP) memungkinkan  untuk membuat dan menerima panggilan telepon melalui jaringan Internet di rumah, selain layanan ini dapat dinikmati manfaat jaringan komputer ini dapat menghemat biaya telepon.

6. Hiburan rumah – produk hiburan rumah baru seperti perekam video digital (DVR) dan konsol permainan video sekarang mendukung kabel maupun nirkabel jaringan rumah. Memiliki produk  yang diintegrasikan ke dalam jaringan emungkinkan game Internet online, berbagi video dan fitur lanjutan lainnyan dan banyak lagi lainnya dari manfaat jaringan komputer.




1 komentar: